Menghadapai masyarakat bagi seorang ASN di kantor pemerintahan bukanlah perkara yang sulit, namu siapa sangka hal yang dianggap mudah tersebut jika tidak dapat melakukannya dengan baik akan menimbulkan sebuah konflik.alih-alih ingin menyelesaikan masyarakat yang terjadi malah petugas/ASN yang jadi bulan bulanan masyarakat.

Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara menghadapi masyarakat di kantor kepada para pembaca untuk terkhusus para ASN yang bersentuhan lansung dengan masyarakat seperti ASN yang bertugas di Desa/Kelurahan, Kantor Kecamatan, Kantor Pelayanan Umun seperti Dinas Kependudukan dan capil, PTSP, dll.

Indonesia adalah negara yang majemuk, beragam suku dan budaya ada didalamnya. pola pikir masyarakatpun setiap orangnya berbeda beda. Oleh karena itu sebagai ASN yang baik kita harus cermat menyikapi hal tersebut, agar tidak timbulnya konflik dan terciptanya pelayanan yang baik dan prima.

Berikut beberapa Tips bagi para ASN yang bersentuhan lansung dengan masyarakat.

1. Bersikap Sopan

Sikap adalah salah satu cerminan yang bisa dilihat orang lain saat berhadapan dengan kita, jika sikap kita baik maka orang lain akan segan kepada kita. Seperti itu yang seharusnya terjadi antara ASN dikantor dengan masyarakat yang dilayaninya. Apapun keluhan masyarakat yang datang tetap tanggapi dengan sikap yang sopan dan berwibawa, menunjukkan bahwa kalian adalah aparat pemerintah yang harus dihargai.

2. Tegas

Menjadi seorang ASN yang berhadapan lansung dengan masyarakat harus tegas, tegas yang dimaksud adalah dapat menempatkan sesuatu pada tempatnya, namun tetap menjaga etika sebagai ASN. Janagan sampai untuk melihatkan ketegasan kepada masyarakat kalian lupa bahawa kalian adalah seorang ASN yang seharusnya melayani masyarakat. Jika informasi yang dibawa masyarakat bertentangan dengan aturan yang berlaku maka kalian harus bisa menjelaskan dan meyakinkan masyarakat bhwa pendapat mereka salah, dan kalian harus bisa memberikan solusi sesuai dengan aturan yang sesuai. itu yang dimaksud tegas dalam pembahasan ini.

3. Kuasai SOP

Konflik yang seringkali terjadi anatara ASN dan masyarakat adalah soal pelayanan. Banyak sekali masyarakat yang marah dikarenakan ASN yang ada dikantor saling lempar tugas dan  tanggung jawab. Untuk menjadi ASN yang baik menghadapi masyarakat kalian harus kuasai SOP pelayanan, dengan demikian kalian bisa menunjukkan dan menjelaskan kepada masyrakat sehingga konflikpun bisa dikurangi bahkan dihindari.

4. Berani

Pernahkah kalian menghadapi masyarakat datang ke kantor pelayanan datang dengan kata kta kasar ? bahkan ada dari mereka yang berani membawa senjata tajam untuk mengancam petugas atau ASN yang ada dikantor. hal tersebut mungkin saja terjadi bahkan sudah pernah terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia. Untuk menghadapi hal demikian kalian jangan lari bahkan tidak mengacuhkan masyrakat tersebut, cara demikian hanya akan memperburuk suasana. hal yang dapat kalian lakukan adalah mengadapinya dengan berani, memberikan penjelasan yang tepat, meyakinkan masyarakat dengan cara yang baik. Namun harus diingat keselamatan adalah hal yang utama.

5. Jangan Emosional

Menghadapi masyarakat jangan sesekali dengan emosi yang tinggi, meskipun masyarakat tersebut menentang dan merendahkan kalian sebagai petugas/ASN. Cari cara lain untuk mendinginkan suasana. Sesuatu yang kalian lakukan dengan emosi yang tinggi dan berlebihan bukan akan menyelesaikan konflik yang ada melainkan akan memperburuk konflik bahkan akan menambah konflik konflik yang lain.

Inti dari pembahasan ini adalah bersikaplah menghadapi masyarakat tersebut selayaknya kalian sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). tujukkan kewibawaan, ketegasan dalam memimpin namun tetap ingat satu hal yaitu ASN adalah pelayan masyrakat bukan orang yang harus dilayani masyarakat.

Demikian Pembahasan tentang cara mengahadapi masyarakat di kantor, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Jika ada kritik dan saran dapat menuliskan komentar di bawah postingan ini atau dapat lansung mengirimkan pesan ke email admin. Bagi kalian yang ingin berlangganan dengan artikel-artikel yang admin tulis dapat mengikuti situs ini via email dengan cara memasukan email kalian pada kolom yang tersedia dibawah ini.

Pin It on Pinterest

Share This