Gaji Alumni IPDN 28 Juta ? Bohong !!! | Rozi Piliang

Belakangan ini Netizen dihebohkan dengan pemberitaan media terkait gaji yang diperoleh oleh alumni IPDN. Para media menulis berita trersebut setelah adanya pernyataan dari Menteri PAN-RB Bapak Tjahyo Kumolo. Namun benarkah gaji alumni IPDN yang baru lulus sebanyak 28 Juta?.

Sebagai netizen seharusnya kita bijak dalam mencermati pemeberitaan seperti ini. Sebelum kita mengambil kesimpulan dan menghakimi bahwa alumni IPDN memiliki banyak gaji. Ada baiknya kita memahami konsep dasar pemberian gaji PNS terlebih dahulu.

Gaji Alumni IPDN 28 Juta

Konsep pertama yang harus dipahami adalah, bahwa gaji pokok semua pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh wilayah indonesia adalah sama sesuai dengan pangkat dan golongan masing-masing. Bedanya jumlah gaji pegawai terletak pada jumlah tunjangan kinerja yang diterapkan sesuai dengan Peraturan Daerah tempat dimana pegawai Negeri tersebut bertugas.

Contoh : seseorang diangkat sebagai pegawai negeri sipil pada pangkat penata muda golongan III ruang A, memiliki gaji pokok sebesar Rp 2.457.000,- . orang tersebut mendapat tugas didaerah B dengan tunjuangan kinerja 2 jt untuk pangkat dan golongan tersebut, maka yang bersangkutan akan mendapaktan gaji 4,4 Juta. Sedangkan di kota A juga diangkat pegawai negeri sipil dengan golongan yang sama. Namun tunjangan kinerja daerah A sebesar 18 Jt untuk golongan tersebut, maka PNS dengan golongan yang sama yang bertugas didaerah A mendapatkan Gaji lebih kurang 20 Juta rupiah.

Gaji pegawai didasarkan dengan masa tahun dinas dan pangkat serta golongan. Bukan dilihat dari almamater mana dia berasal.

Penentuan Gaji Bukan Berdasarkan Almamater 

Konsep kedua yang harus kita pahami adalah, bahwa penetapan gaji pegawai negeri sipil berdasarkan dengan pangkat, golongan serta berapa lama masa bakti sebagai PNS. Semua PNS dari almamater manapun akan mendapatkan gaji yang sama sesuai pangkat dan golongan mereka.

Pemerintah tidak pernah memberikan penghasilan spesial kepada alumni IPDN, tidak pernah alumni IPDN mendapatkan gaji yang lebih banyak dibandingkan pegawai lain NON-Alumni IPDN . Jika golongan sama maka akan mendapatkan jumlah gaji yang sama.

Contoh : SiBurhan adalah pegawai lulusan ITB dengan golongan III/a dan berdinas di Kota Jakarta, Jika SiBurham mendapatkan Gaji + Tunjangan kinerja dengan Jumlah 20 Juta, maka SiUdin yang Lulusan IPDN dengan golongan III/a Juga akan mendapatkan pengasilan 20 Juta.

Kesimpulannya, Gaji PNS tidak pernah melihat alumni mana PNS tersebut, melainkan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

KESIMPULAN

Kesimpulannya adalah, Gaji alumni IPDN  28 Juta itu adalah bohong. Yang benar adalah Gaji PNS 28 Juta.  Bisa saja di salah satu daerah di Indonesia PNS mendapakan gaji segitu. Karena pemberian tunjangan diatur oleh otonomi daerah masing-masing.
Sebagai seorang Netizen mari kita bjak dalam mencermati sebuah berita yang berdar. Jika tidak tau lebih baik ditelusuri kebenarannya terlebih dahulu agar tidak menyebarkan berita bohong kepada orang lain.
Sedangkan untuk media saya berharap, Jangan korbankan nama baik orang/ institusi dalam menacari nilai jual berita yang dibuat. masih banyak cara lain jika ingin menggiring opini publik untuk membahas masalah yang sama.
Salam dari saya, Alumni IPDN

Pin It on Pinterest

Share This