Apa yang dimaksud dengan pemerintah masih ada yang belum tau ? jika kalian masih belum mengerti sebelum kita masuk ke pembahasasn inti saya akan julaskan secara singkat tentang pemerintah. Pemerintah adalah sekelompok orang atau organisasi yang diberikan kekuasaan untuk memerintah serta memiliki kewenangan dalam menerapkan hukum/undang-undang diwilayah tertentu.

Dengan demikian pemerintah adalah suatu lembaga yang memiliki tugas untuk mewujukan tujuan negara, dimana lembaga tersebut diberikan kewenangan untuk melaksanakan kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan serta pembangunan masyarakat dari berbagai lembaga dimana mereka ditempatkan.

Pemerintahan sejadinya terbagi menjadi 2 yaitu pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemerintah Pusat adalah yang mempunyai kewenangan terhadap negara kesatuan republik Indonesia secara keseluruhan. Sedangkan pemerintah daerah adalah yang memiliki kewenangan untuk mengurusi daerah masing-masing sesuai dengan undang-undang otonomi daerah.

Sasaran pememerintahan adalah rakyat/msyarakat, oleh karena itu instansi pemerintahan yang paling dekat dan melekat lansung dengan masyarakat adalah Kantor Desa/Kantor Kelurahan.

Kenapa Desa dan Kelurahan menjadi ujung tombak pemerintahan ?

Alasannya karena desa dan kelurahanlah yang paling dekat dengan masyarakatnya, apapun keluhan masyarakat terhadap pemerintah biasanya tak lain dan tak bukan manyarakat akan mengadu kepada kantor desa dan kantor kelurahan. Oleh karena itu orang-orang yang bekerja di kelurahan dan desa dibawah kecamatan adalah orang orang yang sangat berperan penting dalam roda pemerintahan.

Orang-orang tersebut juga tidak bisa sembarangan, mereka yang bekerja didesa dan kelurahan haruslah orang-orang yang mampu berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat dan setidaknya dia dapat didengar dan dihormati oleh masyarakat. Selain itu mereka juga harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan fungsi pemerintah yaitu fungsi pelayanan.

Secara umum pelayanan yang dilakukan pemerintah meliputi pelayanan publik dan pelayanan sipil yang mengedepankan kesetaraan. Beberapa pelayanan yang dilakukan oleh desa dan kelurahan mecakup masalah kependudukan, sosial, agama, dll.

Demikian Pembahasan tentang Desa dan Kelurahan, Ujung Tombak Pemerintahan Indonesia, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Jika ada kritik dan saran dapat menuliskan komentar di bawah postingan ini atau dapat lansung mengirimkan pesan ke email admin. Bagi kalian yang ingin berlangganan dengan artikel-artikel yang admin tulis dapat mengikuti situs ini via email dengan cara memasukan email kalian pada kolom yang tersedia dibawah ini.

Pin It on Pinterest

Share This